https://jateng.times.co.id/
Berita

Kantor SAR Cilacap Laksanakan Latihan Gabungan Kecelakaan dengan Kendaraan VAR

Rabu, 02 Oktober 2024 - 19:32
Kantor SAR Cilacap Laksanakan Latihan Gabungan Kecelakaan dengan Kendaraan VAR Rangkaian pembukaan kegiatan latgab kecelakaan kendaraan dengan VAR. (FOTO: Basarnas Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, CILACAP – Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)  melalui Kantor SAR Cilacap menggelar Latihan Gabungan Kecelakaan Kendaraan dengan Penanganan Khusus atau Vehicle Accident Rescue (VAR), Rabu (2/10/2024). 

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas membuka kegiatan ini. Hadir Pj Bupati Cilacap, Forkopimda Cilacap, para kepala Instansi Vertikal, para Dirut Bank, GM Pertamina dan yang lain. 

kecelakaan-kendaraan-dengan-VAR-2.jpg

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno menjelaskan latihan VAR ini bertujuan untuk menguji draft rencana kontingensi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada penyelamatan kecelakaan kendaraan dengan penanganan khusus. 

"SOP dalam VAR ini terdiri dari mulai tiba di lokasi, scene safety, mengecek potensi hazard-nya, kemudian giant access to the victim, proses ekstrikasi, sampai dengan stabilisasi korban dan proses evakuasi ke penanganan medis selanjutnya," kata Ribut. 

Dengan latihan ini, pihaknya membangun sinergitas dan kolaborasi dengan Pemkab Cilacap. 

kecelakaan-kendaraan-dengan-VAR-3.jpg

Selain itu, kegiatan pembukaan latihan ini sekaligus dengan penandatanganan Letter of Operational Coordination (LOC) dan perjanjian kerja sama antara Kantor SAR Cilacap dengan Airnav Unit Cilacap, BMKG Cilacap, dan RAPI Daerah Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 2-3 Oktober 2024. 

Pada hari pertama, peserta latihan dibekali pemaparan materi manajemen kecelakaan yang dibawakan oleh Polresta Cilacap dan Basarnas Kantor SAR Cilacap, serta pemeriksaan akhir kesiapan peralatan SAR.

Hari kedua dilaksanakan TFG (Tactical Floor Game) dan pelaksanaan simulasi penanganan Vehicle Accident Rescue di Jalan MT Haryono, tepatnya di Komperta Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap. 

Peserta kegiatan berjumlah 70 orang, di dalamnya terdiri dari personel Kantor SAR Cilacap, Polresta Cilacap, Koramil 01 Cilacap, Dinas Perhubungan Cilacap, BPBD Cilacap, Damkar Cilacap, Dinas Kesehatan Cilacap, PMI Cilacap, Fire Pertamina, Tim Reaksi Cepat, Cilacap Rescue, Banser, Siaga Peduli, SAR MTA, RAPI Cilacap IOF, dan Security Pertamina. (*) 

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.