https://jateng.times.co.id/
Pendidikan

KKN PPM UMBY Kembangkan Strategi Pemasaran Pariwisata Towilfiets di Kulonprogo

Selasa, 06 Februari 2024 - 10:05
KKN PPM UMBY Kembangkan Strategi Pemasaran Pariwisata Towilfiets di Kulonprogo Mahasiswa kelompok 66 KKN PPM UMBY bersama wisatawan mancanegara di Towilfiets Kulonprogo. (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, YOGYAKARTA – Mahasiswa Kelompok 66 KKN PPM UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta) melaksanakan program pengabdian pada masyarakat di dusun Bantar Kulon, Kelurahan Banguncipto, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyhakarta (DIY).

Mereka mengembangkan Strategi Pemasaran Pariwisata ‘Towilfiets’. 

Towilfiets adalah salah satu destinasi wisata terkenal untuk tur sepeda onthel. Pengembangan yang dilakukan kelompok 66 KKN tersebut bertujuan untuk meningkatkan bisnis lokal dan memberdayakan masyarakat.

Ketua Kelompok KKN 66, Dede Fajriansyah mengatakan Towilfiets merupakan tempat wisata minat khusus yang menawarkan paket wisata bersepeda onthel.

Keramahtamahan dengan kearifan lokal warga desa disekitar Towilfiets menjadi kelebihan dalam paket wisata yang ditawarkan. 

“Kurangnya promosi pemasaran yang intens menjadi penyebab mengapa pengunjung lokal tidak mengetahui banyak informasi mengenai Towilfiets,” kata Dede, Selasa (6/2/2024)

Menurunya hal itulah yang melatarbelakangi Kelompok KKN 66, berusaha ikut membantu untuk lebih terkenal dan mendongkrak kunjungan wisata ke Towilfiets.

Rata-rata peminatnya adalah wisatawan mancanegara khusunya Eropa, yang pada akhirnya juga akan memberikan kontribusi pada perekonomian masyarakat khususnya warga Bantar dan sekitarnya. 

Program pengabdian dimulai dengan modul intensif tentang Sosialisasi Pemasaran Digital dan Branding yang dilaksanakan sejak 20 Januari 2024 dan akan berakhir pada 17 Februari 2024. 

Pemilik paket wisata Towilfiets, Muntowil menyambut gembira adanya KKN PPM UMBY ini.

Menurutnya, dengan membantu untuk digitalisasi Towilfiets, akan mendapatkan manfaat dari strategi digital yang ditingkatkan menjangkau audiens lebih luas dan menarik lebih banyak pengunjung untuk merasakan pesona tur sepeda onthel. 

“Apalagi relasi tersebut saat ini sebagian besar peserta wisata Towilfiets adalah wisatawan mancanegara, khususnya dari Eropa,” ujarnya

Untuk lebih membuanakan, Kelompok KKN 66 mengembangkan situs web khusus untuk Towilfiets, yaitu www.towilfiets.com. Platform digital ini akan berfungsi sebagai gerbang bagi calon pengunjung, memberikan informasi penting, paket tur, dan sekilas tentang penawaran unik Towilfiets.

Juga memberikan pemahaman tentang pentingnya manajemen keuangan dalam menjaga keberlanjutan bisnis, program ini mencakup sesi manajemen bisnis dan keuangan.

Towilfiets dan masyarakat lokal akan mendapatkan manfaat dari wawasan ini, membekali mereka dengan keterampilan untuk mengelola sumber daya mereka secara efektif.

“Dengan fokus pada digital marketing, branding, manajemen yang baik dan pengembangan web, Towilfiets diharapkan menjadi destinasi unggulan yang menarik perhatian wisatawan,” tutur Dede

“Kolaborasi dengan masyarakat lokal juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tambahnya

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok KKN 66, Widarta, SE, MM berharap adanya KKN ini akan membantu paket wisata Towilfiets ini akan semakin mendunia dengan berbagai patfom digitalnya. 

“Semoga  Towilfiets akan berkembang berkelanjutan dan menghadirkan dampak positif bagi destinasi wisata lokal yang mendunia” papar Widarta yang juga Kepala Humas UMBY. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.