https://jateng.times.co.id/
Ekonomi

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Hj Sri Ruwiyati Intens Pantau UMKM Banjarnegara

Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:23
Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Hj Sri Ruwiyati Intens Pantau UMKM Banjarnegara Hj Sri Ruwiyati SE, MM saat hadiri Forum Diskusi Aktual 'Inovasi Masyarakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan Keluarga di Desa Karanganyar, Kalibening, Banjarnegara (FOTO : Krisna For TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, BANJARNEGARA – Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Hj Sri Ruwiyati SE, MM intens melakukan pemantauan terhadap para pelaku UMKM di Banjarnegara dan sekitarnya untuk mengetahui sejauh mana dampak pandemi Covid-19 di sektor ini.

Hj Sri Ruwiyati juga menyerahkan bantuan stimulan UMKM yang terdampak virus Corona dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Dampak Covid-19 ini memang sangat berpengaruh terhadap pelaku UMKM di Banjarnegara. Alhamdullillah mereka masih mampu bertahan, walau dalam segala keterbatasan" kata Hj Sri Ruwiyati saat dihubungi TIMES Indonesia, Jumat (28/8/2020).

Ia berharap pelaku UMKM di  Banjarnegara terus menjaga kualitas dan berinovasi khususnya dalam memasarkan hasil produksi.

Sri-Ruwiyati-2.jpg

"Saat ini pemasaran online menjadi alternatif selain konvensional. Nah ini harus bisa dioptimalkan," tambah Sri Ruwiyati.

Bahkan saat Sekretaris komisi E Fraksi PDI Perjuangan Jawa Tengah ini menghadiri Forum Diskusi Aktual (FDA) Budidaya dan Proses Pengolahan Kopi yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah provinsi Jawa Tengah  di Desa Karanganyar Kecamatan Kalibening, Banjarnegara belum lama ini, hal ini menjadi trending topik.

Disampaikan juga oleh  Hj Sri Ruwiyati bahwa Forum Diskusi Aktual menjadi kesempatan  masyarakat menyampaikan usulan usulan ataupun menyampaikan kendala kendala yang dihadapi terkait dengan budidaya kopi dan pengolahan kopi sampai dengan pemasaran di Desa Karanganyar.

Kendala yang dihadapi para pembudidaya kopi di Desa Karanganyar, imbuh Sri Ruwiyati, terkait pembuatan para para dan tempat untuk menjemur kopi sehingga dapat menjaga cita rasa kopi.

Mereka juga menyampaikan akses jalan menuju lokasi perkebunan kopi agar bisa dibenahi karena jika musim penghujan tiba, jalan tersebut sangat sulit untuk dilalui sehingga menghambat pendistribusian pupuk ke lokasi perkebunan kopi, mesin kupas kulit biji kopi dan gunting batang tunas.

Sri Ruwiyati juga mengapresiasi peran pemuda di Desa Karanganyar yang ikut hadir dalam Forum Diskusi Aktual tersebut.

Terkait hal ini Hj Sri Ruwiyati akan meneruskan aspirasi pelaku UMKM dan warga tersebut ke Pemkab setempat. "Insyaallah kita akan berusaha semampu kami demi terwujudnya kemakmuran masyarakat Banjarnegara," katanya.

Kepada pelaku UMKM dan para pemuda di Desa Karanganyar, Sri Ruwiyati berpesan agar terus menggali potensi potensi semaksimal mungkin serta meningkatkan kualiatas dan pemasaran hasil produksi  baik secara konvensional maupun online. (*)

Pewarta : Muchlas Hamidi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.