https://jateng.times.co.id/
Pendidikan

Gelar Pentas Ragam Seni, Cara SMAN 1 Kudus Peringati Hari Kartini

Senin, 22 April 2024 - 17:39
Gelar Pentas Ragam Seni, Cara SMAN 1 Kudus Peringati Hari Kartini Para siswa SMAN 1 Kudus menggelar pentas seni merayakan Dharmalaksana Mahabakti Kartini sebagai pengingat perjuangan hak wanita. (FOTO: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, KUDUSSMAN 1 Kudus memperingati Hari Kartini dengan cara berbeda. Kali ini, SMA favorit di Kota Kretek ini menggelar pentas seni dengan mengusung tema "Dharmalaksana Mahabakti Kartini". Agenda yang digelar antara lain pemilihan Duta Kartini dan Kartono, fashion show, lomba wiru jarik, lomba fotografi dan lomba kontes.

Kepala SMAN 1 Kudus, Sudiharto mengatakan agenda ini merupakan inisiasi para siswa dalam memperingati hari lahir pahlawan emansipasi wanita Indonesia, RA Kartini.

"Dalam perjuangannya, RA Kartini sangat berjasa memperjuangkan pentingnya pendidikan terutama bagi kaum hawa. Karena pada saat penjajahan, rakyat kita sangat susah untuk memperoleh ilmu," ujar Sudiharto disela kegiatan, Senin (22/4/2024).

SMAN-1-Kudus-2.jpg

Dengan turut memperingati Hari Kartini, kata Sudiharto, setidaknya bertujuan mengajak anak anak mengenang perjuangan RA Kartini yang lahir di Kabupaten Jepara.

"Sekarang anak anak kita sudah mendapatkan kesempatan pendidikan yang seluas luasnya berkat perjuangan beliau (RA KArtini). Tak hanya itu, wanita sekarang jauh diangkat kesetaraannya dan tidak lagi dipandang sebelah mata," paparnya.

Sementara itu, salah satu siswi SMAN 1 Kudus, Yulia Renata mengaku senang dan menantikan momen RA Kartini. Selain dapat berpakaian berkebaya batik maupun adat Jawa, banyak kegiatan yang ditampilkan untuk merayakan hari Kartini.

SMAN-1-Kudus-3.jpg

"Hari ini banyak kegiatan digelar, mulai dari pemilihan duta Kartini dan Kartono, fashion show, lomba wiru jarik, lomba fotografi dan lomba kontes," terangnya.

Ia berharap agar dapat meniru nilai nilai yang diberikan oleh RA Kartini. Seperti belajar dengan tekun untuk dapat meraih kesuksesan dan cita cita dimasa depan. (*)

Pewarta : Arief Pramono
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.