https://jateng.times.co.id/
Pendidikan

UPNYK Akan Bangun Kampus Lapangan Geosain di Gunungkidul, Ini 8 Prodi yang Disiapkan

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:22
UPNYK Akan Bangun Kampus Lapangan Geosain di Gunungkidul, Ini 8 Prodi yang Disiapkan Gambar rancangan pembangunan kampus Lapangan Geosain UPNVY di Gunungkidul (FOTO: Humas UPNVY for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, YOGYAKARTA – Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta atau UPNYK merencanakan akan membangun Kampus Lapangan Geosain  di wilayah Gunungkidul. 

Lokasi pembangunan kampus bertempat di Tegalrejo, Gendangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan memanfaatkan tanah kekancingan dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan luas 10.540 m2.

Hal ini diutarakan Rektor UPNYK Prof Dr Mohammad Irhas Effendy, MSi, saat melakukan kunjungan ke lokasi, didampingi Lurah Sarjono, Carik Sugiyanto dan perangkat Desa Lainnya beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Pemanfaatan Tanah Kekancingan UPNYK, Dr Ir Joko Soesilo, MT IPM, mengatakan Kampus Lapangan Geosain akan di manfaatkan oleh beberapa program studi UPNYK di antaranya, Prodi Teknik Geologi, Prodi Teknik Pertambangan.

Berikutnya, Prodi Teknik Geomatika, Prodi Teknik Geofisika, Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Ilmu Tanah dan sektor Agro-Energy.

Selain itu Kampus ini, juga bisa dapat dimanfaatkan pihak eksternal seperti Perguruan Tinggi lain, Pemerintah Daerah, BUMN, swasta sektor teknologi kebumian, LSM kebencanaan, peneliti dan lain-lain.

Menurutnya pembangunan Kampus Lapangan ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap, dengan fasilitas seperti Auditorium, ruang kuliah dan seminar, asrama mahasiswa hingga wisma Dosen.

Semua rencananya dibangun dalam konsep menyatu dengan alam, memanfaatkan cahaya alami, peduli lingkungan dan sadar bencana.

“Harapannya kampus Lapangan Geosain akan menjadi Centre of Exellence Campus, secara nasional maupun Internasional,” kata Joko Soesilo, Selasa (27/2/2024)

Sementara itu, Rektor UPNYK, Prof Irhas mendukung rencana pembangunan Kampus Lapangan Geosain ini.

Kampus Lapangan ini akan menjadi tempat yang dapat di manfaatkan oleh mahasiswa UPNYK dan pihak eksternal untuk melakukan survei lapangan. Dengan harapan akan meningkatkan pembelajaran dan penemuan baru terkait ilmu kebumian.

"Semoga pembangunan kampus Lapangan Geosain bisa lancar dan segera bisa dimanfaatkan. Melalui kegiatan menelaah geosain diharapkan mahasiswa akan semakin banyak belajar dan mendapatkan temuan-temuan baru terkait ilmu kebumian," papar Irhas, Rektor UPNYK. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.