https://jateng.times.co.id/
Pendidikan

Empat Dosen ITNY Berkolaborasi Susun Buku Artificial Neural Network, Ini Manfaatnya

Kamis, 14 Maret 2024 - 12:22
Empat Dosen ITNY Berkolaborasi Susun Buku Artificial Neural Network, Ini Manfaatnya Empat dosen ITNY memperlihatkan karya bukunya. (FOTO: Humas ITNY)

TIMES JATENG, YOGYAKARTA – Prestasi gemilang telah diukir oleh tim dosen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta () melalui hasil kolaborasinya. Empat dosen ITNY berhasil menghasilkan dua buku referensi yang mengulas secara mendalam mengenai Artificial Neural Network (ANN).

Kedua buku tersebut, berjudul Artificial Neural Network: Identifikasi Bangunan Daerah Rawan Longsor dan Artificial Neural Network: Identifikasi Prioritas Penanganan Pemeliharaan Jalan Kabupaten yang menceritakan tentang kolaborasi ilmiah di bidang Teknik Sipil.

Ketua tim kolaborasi, Sely Novita Sari mengatakan, kedua buku tersebut berisi tentang kolaborasi AI, yaitu Artificial Neural Network, dalam bidang Teknik Sipil. “Buku tersebut digunakan untuk memprediksi identifikasi bangunan dan prioritas pemeliharaan jalan,” kata Sely.

Inovasi ini merupakan hasil karya empat dosen ITNY yang terdiri dari Sely Novita Sari yang merupakan dosen Teknik Sipil ITNY.

Ia sendiri sebagai ketua tim penelitian. Sedangkan penulis lainnya yaitu Bagus Gilang Pratama yang merupakan dosen Teknik Elektro ITNY, Rizqi Prastowo (dosen Teknik Pertambangan ITNY), dan Ircham (dosen Teknik Sipil ITNY) sebagai anggota tim.

Bagus Gilang menjelaskan bahwa tujuan dari buku ini adalah keinginnya untuk mengenalkan kepada khalayak umum. Sebab, dengan penerapan AI tersebut maka dapat digunakan untuk semua bidang termasuk teknik sipil yang berfokus pada bangunan, konstruksi, dan lain sebagainya.

“Melalui AI, kita dapat membuat sebuah sistem untuk memprediksi kondisi bangunan dan kelaikan jalan berdasarkan data dan parameter yang tersedia,” tandas Sely.

Sely menambahkan, karya buku tentang Artificial Neural Network ini hadir untuk menjembatani kolaborasi yang jarang dilakukan oleh Teknik Elektro dan Teknik Sipil dalam metode identifikasi.

Sely mengungkapkan, motivasi Menyusun bukun tersebut karena terpanggil sebagai akademisi yang memiliki kewajiban untuk menggabungkan Artificial Neural Network dengan identifikasi di Bidang Teknik Sipil.

Hasilnya, keempat dosen ITNY ini dengan gigih bekerja keras untuk menghasilkan buku yang membahas tentang Artificial Neural Network di bidang Teknik Sipil, fokus pada prediksi identifikasi bangunan dan prioritas pemeliharaan jalan.

Buku ini mengulas identifikasi bangunan di daerah rawan longsor menggunakan teknologi Artificial Neural Network. Dengan pemahaman yang mendalam tentang ANN, diharapkan buku ini dapat membantu mengurangi kerusakan bangunan terutama di daerah rawan longsor.

Sedangkan buku kedua membahas penggunaan ANN dalam mengidentifikasi prioritas pemeliharaan jalan kabupaten. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat membuat pemeliharaan jalan lebih efisien dan tepat sasaran, memberikan dampak positif bagi infrastruktur jalan kabupaten.

Buku ini secara akademis dibuat untuk mendiseminasikan hasil riset selama 1 tahun dan dalam rangka menggabungkan ilmu AI dengan bidang Teknik Sipil.

“Di sisi lain secara praktis, buku ini diharapkan bisa memberi kontribusi dalam membuka wawasan untuk pelaksanaan identifikasi bangunan dan pemeliharaan jalan dengan cara yang berbeda yaitu Artificial Neural Network,” terang Sely.

Dosen Teknik Sipil ITNY, Sely Novita Sari berharap buku tersebut dapat memberi kontribusi dalam studi komparasi mengenai identikfikasi bangunan dan penentuan pemelihanaraan jalan. (*)

Pewarta : Soni Haryono
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.