https://jateng.times.co.id/
Pendidikan

Dorong Siswa Kuliah, Bupati Purbalingga Siapkan Beasiswa Gratis 

Selasa, 10 September 2024 - 19:58
Dorong Siswa Kuliah, Bupati Purbalingga Siapkan Beasiswa Gratis  Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menghadiri acara Bupati Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga. (FOTO: Kominfo Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, PURBALINGGA – Untuk mendorong lulusan SMA atau yang sederajat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, Pemkab Purbalingga akan menyediakan beasiswa kuliah gratis.

Hal ini disampaikan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat menghadiri acara Bupati Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, Selasa (10/9/2024)

Program ini lanjut Bupati Tiwi ditujukan bagi siswa-siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Purbalingga.

Pada tahun 2025, lanjut Bupati Tiwi, Pemkab Purbalingga mempunyai program memberikan beasiswa kuliah gratis. Full dibiayai oleh pemerintah di universitas-universitas yang ada di Kabupaten Purbalingga.

"Ini tentunya dapat dimanfaatkan supaya para pelajar lebih semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," jelas Bupati Tiwi.

Bupati Tiwi juga menekankan pentingnya memiliki mimpi atau cita-cita, sebagai motivasi untuk mencapai tujuan hidup mereka. Karena ia percaya bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk meraih mimpi tersebut.

Bupati-Purbalingga-2.jpg

Dengan semakin banyak lulusan yang melanjutkan pendidikan tinggi, diharapkan kualitas sumber daya manusia di Purbalingga akan semakin meningkat.

“Sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil, maka kita harus punya mimpi agar termotivasi untuk mewujudkannya,” tambahnya.

Bupati Tiwi menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Purbalingga telah memiliki beberapa perguruan tinggi yang siap menampung para calon mahasiswa Purbalingga.

Diantara adalah Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA), Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP), Politeknik Madyathika, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), serta Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu).

Dalam kesempatan ini Prihantoro Achmad, Kepala Sekolah MAN Purbalingga menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah terkait langkah-langkah mendapat kuliah gratis bagi siswanya.

Ia menyambut baik upaya Pemkab Purbalingga apalagi banyak siswa di MAN Purbalingga yang berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga program ini merupakan peluang besar untuk meningkatkan akses mereka ke pendidikan tinggi.

“Kami sangat mendukung rencana ini. Di tempat kami ada banyak siswa yang kurang mampu, dan kesempatan ini ibarat gayung bersambut,” ungkapnya.

Terpisah, Alya Ismi A, salah satu siswi MAN Purbalingga menuturkan, jika program beasiswa tersebut sangat membantu dan memberikan banyak pilihan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruant inggi di Purbalingga. (*)

Pewarta : Muchlas Hamidi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.