https://jateng.times.co.id/
Ekonomi

Menteri Pertanian RI Beri 'Lampu Hijau' Investasi Qatar

Rabu, 11 September 2024 - 11:31
Menteri Pertanian RI Beri 'Lampu Hijau' Investasi Qatar Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, JAKARTA – Menteri Pertanian RI (Mentan RI) Andi Amran Sulaiman memberikan "lampu hijau" bagi minat investasi perusahaan agrikultur Qatar, Baladna, di sektor peternakan sapi perah Indonesia. Investasi ini diharapkan dapat mensuplai kebutuhan susu dalam negeri dan mempercepat pencapaian swasembada susu pada 2029.

Dalam pernyataannya, Rabu (11/9/2024), Amran menyebutkan bahwa Baladna siap mendukung program makan bergizi gratis di Indonesia dengan berinvestasi dalam peternakan sapi perah.

"Baladna siap membantu program makan bergizi gratis dengan berinvestasi untuk peternakan sapi perah di Indonesia guna mensuplai kebutuhan susu di Indonesia," ujar Amran.

Kesiapan ini diungkapkan setelah Amran berdiskusi dengan Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan, di Bandara Internasional Doha, Qatar. Pertemuan berlangsung saat Amran transit menuju Brasil untuk menghadiri pertemuan G-20 Agriculture Ministerial Meeting.

Dalam diskusi tersebut, Amran menantang Baladna untuk memproduksi dua juta ton susu per tahun, dan tantangan tersebut disanggupi oleh pihak Baladna. Dengan kemampuan produksi sebesar itu, diharapkan impor susu Indonesia dapat dikurangi secara signifikan.

"Jika kita menjaga atmosfir yang menghargai profesionalisme, swasembada akan lebih cepat tercapai," ujarnya.

Amran juga menyinggung pentingnya meritokrasi dan profesionalisme dalam birokrasi untuk mencapai target swasembada pangan.

"Kalau kita menjaga atmosfir menghargai orang yang profesional dalam bekerja, maka swasembada akan lebih cepat tercapai," kata dia.

Setelah transit sekitar dua jam di Doha, Amran melanjutkan perjalanan ke Sao Paulo, Brasil, untuk menghadiri G-20 Agriculture Ministerial Meeting pada 12 September 2024.

Di forum internasional tersebut, Mentan RI akan mempresentasikan capaian pertanian Indonesia serta menghadiri tiga pertemuan bilateral dengan FAO, Argentina, dan Brasil. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.