https://jateng.times.co.id/
Berita

Partai Perubahan Segera Berdiri di Cilacap, Inisiatornya Relawan Anies Baswedan

Senin, 01 Juli 2024 - 09:02
Partai Perubahan Segera Berdiri di Cilacap, Inisiatornya Relawan Anies Baswedan Muhammad Isnaini sedang memberikan pidato. (FOTO: Estanto Prima Yuniarto/TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, CILACAP – Mantan para relawan Anies Baswedan di Cilacap, Jawa Tengah yang dipimpin Albani Idris atau Sentot siap mendirikan partai politik baru. Namanya Partai Perubahan.

Para relawan ini menggelar Rapat Persiapan Pendiri Partai Perubahan Kabupaten Cilacap di salah satu warung makan ternama di Cilacap, Minggu (30/6/2024). 

Ketua Panitia Pendiri Partai Perubahan, Albani Idris mengatakan pendirian Partai Perubahan di Kabupaten Cilacap ini baru pembentukan panitia.

"Setelah rapat, kemudian kita tindaklanjuti terjun ke bawah, sosialisasi di masyarakat di tingkat kecamatan, desa/kelurahan dan RT/RW biar semua mengenal Partai Perubahan yang akan kita bentuk," ucapnya.

Selanjutnya dibentuk panitia-panitia yang akan dijadikan pengurus Partai Perubahan. "Tentunya kita harus sosialisasi ke bawah. Untuk koordinator sudah terbentuk di 24 kecamatan," imbuhnya.

Partai Perubahan didirikan bermula dari kesepakatan para relawan perubahan pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 lalu untuk mendirikan partai politik.

"Alasan kami menindaklanjuti perjuangan perubahan, dan para relawan ini yang kemarin saat Pilpres mendukung penuh Pak Anies, di mana sosok kepemimpinan beliau yang kita yakini bisa membawa perubahan Indonesia lebih sejahtera," kata Sentot.

"Insyaa Allah Partai Perubahan yang akan kita bentuk ini bisa masuk menjadi salah satu partai kontestasi Pemilu, karena partai ini dibentuk dari arus bawah sampai ke tingkat nasional, dan tentunya sesuai Undang-Undang dalam pendirian partai politik," tandasnya. 

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Pendirian Partai Perubahan Jawa Tengah, Muhammad Isnaini dan Ketua Relawan Amin Jawa Tengah, Slamet Sudarso. 

"Alhamdulillah, beliau-beliau ini bisa hadir untuk memberikan arahan bagaimana kita bisa bersama-sama melanjutkan perubahan di Kabupaten Cilacap, dan sesuai dengan arahan Pak Isnaini dan Pak Sudarso, kita harus merubah dari diri sendiri dulu, dan kita merubah semua hal-hal yang tidak baik menjadi baik," ucapnya.

Sementara, Muhammad Isnaini mengatakan di Jawah Tengah sudah terbentuk panitia pendirian Partai Perubahan di 10 kabupaten/kota.

"Hari ini masih berjalan, dan masing-masing kabupaten/kota ini nanti tugasnya membentuk ke bawah, mulai dari tingkat kecamatan hingga ranting. Kemudian merekrut anggota minimal satu kabupaten 1.000 anggota, dan pada saat Pemilu akan kita daftarkan karena merupakan persyaratan dari KPU," jelasnya.

Isnaini menyampaikan, bahwa apabila Partai Perubahan telah resmi berdiri, rencananya akan mengusung Anies Baswedan pada Pemilu 2029. 

Ketika legalitasnya sudah terbentuk nanti, karena ini kan masih proses, kalau sudah pembentukan dan deklarasi, pihaknya akan melakukan langkah-langkah politik terutama menghadapi Pemilu tentang syarat calon presiden, karena belum memiliki kursi. "Ini yang akan kita lakukan langkah ke depannya," kata Isnaini. (*)

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.