https://jateng.times.co.id/
Berita

Presiden RI Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Selasa, 10 September 2024 - 20:12
Presiden RI Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Presiden RI Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi II (Stabat-Tanjung Pura) dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV (Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak) di Gerbang Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun.

TIMES JATENG, JAKARTAPresiden RI Jokowi meresmikan dua proyek jalan tol penting di Sumatera Utara di Gerbang Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Selasa (10/09/2024).

Peresmian ini mencakup Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi II (Stabat-Tanjung Pura) dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV (Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak). Acara ini berlangsung di Gerbang Jalan Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun.

Presiden RI Jokowi mengungkap bahwa Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi II yang membentang sepanjang 26,2 kilometer dibangun dengan dengan biaya Rp11,6 triliun. Sementara Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV yang mencapai 45,6 kilometer dengan anggaran Rp6 triliun. Dua jalan tol itu merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatra yang memiliki panjang total 2.994 kilometer.

Presiden RI Jokowi berharap proyek ini akan menghubungkan 1.100 kilometer pada akhir tahun, sehingga mempercepat perjalanan antarwilayah di Sumatera Utara. "Tadi Pak Bupati Simalungun menyampaikan, kalau dulu dari Medan ke sini ini menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam, sekarang hanya kira-kira satu setengah jam, lebih sedikit," ujar Presiden RI Jokowi.

Presiden juga menekankan bahwa keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di koridor Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat, serta meningkatkan daya saing dan sistem logistik. "Mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain," tambahnya.

Dalam acara peresmian ini, hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni, dan Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. (*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.