https://jateng.times.co.id/
Berita

Kapolda Jateng Tekankan Pentingnya Sinergitas TNI-Polri dan Pemkab dalam Menjaga Harkamtibmas

Senin, 29 April 2024 - 18:25
Kapolda Jateng Tekankan Pentingnya Sinergitas TNI-Polri dan Pemkab dalam Menjaga Harkamtibmas Kegiatan Kapolda Jateng di Cilacap, tekankan pentingnya Harkamtibmas bagi 3 Pilar se-Kabupaten Cilacap. (FOTO: Humas Polresta Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, CILACAP – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menggelar Silaturahmi Kamtibmas di Gedung Patra Graha Convention Hall, kompleks Pertamina RU IV Cilacap, Senin (29/4/2024). 

Acara dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tiga pilar se-Kabupaten Cilacap. 

Hadir mendampingi Kapolda, pejabat utama Polda Jateng, Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo, Dandim 0703 Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, serta jajaran.

Ahmad Luthfi mengatakan pentingnya kehadiran anggota kepolisian di tengah masyarakat, serta pentingnya sinergi antara TNI, Polri, dan Pemkab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"TNI, Polri, dan Pemkab yang sering disebut dengan 3 pilar merupakan kekuatan yang harus dipelihara dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa untuk menciptakan keamanan dan ketertiban bagi warganya. Sinergi yang dibentuk bukan hanya slogan atau euphoria semata, namun dalam bentuk nyata kegiatan yang terkoordinasi dengan baik," ujar Kapolda. 

Ia menegaskan agar Bhabinkamtibmas dan Babinsa bisa mengatasi masalah di masyarakat. "Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Pemkab merupakan contoh bagi masyarakat. Maka harus lebih baik dari masyarakatnya sendiri," tandasnya. 

Selain itu, Luthfi menekankan bahwa dalam penegakan hukum tidak boleh melanggar hukum, jangan menggunakan simbol kesewenang-wenangan.

"Tugas pokok TNI, Polri, dan Pemkab itu sama. Contohnya, saat penanganan Covid-19, bahu-membahu bersama dalam membantu masyarakat," tegas Kapolda. 

Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri kurang lebih 1000 orang.

"Ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Cilacap dengan mengumpulkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan 3 Pillar se-Kabupaten Cilacap di satu tempat. Saya berharap acara seperti ini dapat meningkatkan sinergitas kita bersama untuk menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Cilacap tetap aman," ujar Ruruh.

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri juga menyampaikan tanggapannya. "Terimakasih kepada Kapolda Jateng atas perhatiannya terhadap masyarakat Cilacap, serta mengapresiasi keberhasilan penegakan hukum dan pelaksanaan berbagai agenda penting, seperti Pilpres/Pileg dengan lancar dan aman," kata Awaluddin. 

Ia menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Jateng yang mau hadir di Kabupaten Cilacap. "Ini tandanya beliau sangat perhatian dengan masyarakat Kabupaten Cilacap. Kegiatan kamtibmas di Jawa Tengah juga sangat padat. Alhamdulillah semuanya dapat berjalan dengan aman dan sukses," ujar Pj Bupati Cilacap. (*) 

Pewarta : Estanto Prima Yuniarto
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.