Pendidikan

Tiga Mahasiswa UAD Yogyakarta Berhasil Lolos KN MIPA Nasional 2020

Minggu, 23 Agustus 2020 - 23:03
Membanggakan, Tiga Mahasiswa UAD Yogyakarta Berhasil Lolos KN MIPA Nasional 2020 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan sekaligus Alumni UAD, Gatot Sugiharto. (FOTO: Dokumen Gatot for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, YOGYAKARTA – Tiga mahasiswa UAD Yogyakarta (Universitas Ahmad Dahlan) mengikuti Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) tahun 2020. Ketiga mahasiwa mewakili LLDIKTI Wilayah V pada kompetisi yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Tiga mahasiswa tersebut mengikuti kompetisi tiga bidang yaitu biologi, fisika dan kimia. Ketiga mahasiswa yaitu Febriofca Galih Yatalaththov dari Prodi Biologi yang lolos ke nasional bersama dengan mahasiswa UGM untuk bidang biologi. Alim Mustofa dari Prodi Fisika bersama mahasiswa UGM dan UNY untuk bidang fisika. Serta Noura Reni Rahma Putri dari Prodi Farmasi yang lolos bersama mahasiswa UGM untuk bidang Kimia.

Kompetisi ini merupakan perlombaan tahunan yang sebelumnya bernama ON-MIPA (Olimpiade Nasional MIPA). Pesertanya adalah perwakilan PTN dan PTS dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I sampai dengan Wilayah XV.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan sekaligus Alumni UAD, Gatot Sugiharto SH MH menyambut gembira atas hasil yang diraih oleh mahasiswa dari UAD. Hal ini merupakan bukti bahwa mahasiswa PTS mampu bersaing secara kompetitif dengan mahasiswa PTN.

“Tergantung pembinaannya. Dengan pembinaan yang baik, terprogram, terpola, terarah dan terukur maka anak-anak kita akan berkembang dengan baik,” kata Gatot dalam rilisnya, Minggu (23/8/2020).

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Dr Dedi Pramono M Hum menyebutkan, seleksi internal di UAD diselenggarakan secara daring pada Juni 2020 lalu.

Selanjutnya, mahasiswa yang terpilih diberikan pelatihan secara daring dalam 8-10 pertemuan. Memang banyak kendalanya, selain sinyal mahasiswa yang berasal dari pelosok Indonesia, juga mengatur waktunya. Sehingga hal tersebut dirasa masih kurang maksimal.

“Alhamdulilah mahasiswa UAD Yogyakarta lolos KN MIPA Nasional 2020. Dan masih mendominasi di semua bidang untuk PTS dalam kompetisi-kompetisi yang lain,” papar Dedi. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.