Berita

Digitalisasi Desa jadi Program Prioritas Kemendes Tahun 2021

Jumat, 23 Oktober 2020 - 00:59
Digitalisasi Desa jadi Program Prioritas Kemendes Tahun 2021 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia  (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar (foto: Dokumen/Kemendes PDTT RI)

TIMES JATENG, JAKARTAMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia  (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar menegaskan jika program internet untuk desa atau digitalisasi desa masih terus digenjot realisasinya.

"Salah satu program prioritas tahun 2021 adalah Digitalisasi Desa yang otomatis Internet Desa. Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika agar 11 ribu desa bisa miliki akses internet," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya di peringatan Hari Santri 2020, Kamis (22/10/2020).

Menteri Desa mengatakan, pada tahun 2021 bakal ada sekitar 6.000 desa bakal miliki akses internet. Daerah yang difokuskan adalah Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T).

Doktor Honoris Causa dari UNY ini memaparkan, Kemenkominfo menjadi leading sector soal digitalisasi ini dan Kemendes PDTT nantikan akan support dengan Dana Desa percepatannya.

Setelah proses yang panjang dan telah memasuki pada level desa untuk menarik akses internet masuk desa maka Dana Desa bisa digunakan untuk itu.

"Tapi syaratnya harus di fasilitas umum misalnya di Balai Desa," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Sebelumnya di acara ini, Menteri Desa yang didaulat jadi Lurah Santri ikut meresmikan aplikasi khusus yang dinamakan Santri Net. Aplikasi yang digagas DPP PKB melalui Waketum Ida Fauziyah ini nantinya diharapkan jadi solusi pembelajaran bagi para santri di Indonesia. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.