Berita

Jaga Kelestarian Alam, Dinkanak Banyumas Tebar Benih Ikan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:53
Jaga Kelestarian Alam, Dinkanak Banyumas Tebar Benih Ikan Dinkanak Banyumas Tebar 146 Ribu Benih Ikan di Perairan Umum. (FOTO: Parsito For TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, BANYUMAS – Ribuan benih ikan disebar (Restocking) di perairan umum oleh Dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Banyumas, Sabtu siang (31/7/2021).

Hal itu dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan di perairan umum wilayah  Banyumas. Salah tempat penebaran 10.000 benih ikan di Curug Nangga Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Drs. Sulistiono, M.Si mengatakan bahwa kegiatan restoking bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan di alam agar ketahanan pangan masyarakat dapat terjaga melalui pemanfaatan perairan umum.

Dinkanak-Banyumas-Tebar-146-Ribu-Benih-Ikan-2.jpg

Ia menambahkan bahwa Dinkannak mentargetkan minimal 150 ribu bibit ikan nilem dan tawes untuk dilakukan penebaran di perariran umum.

"Untuk menjaga ekosistem ikan di perairan daratan, kita harus mengikuti aturan pengambilan ikan yang wajar sebagai komitmen dalam mendukung program pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap di perariran umum daratan yang efektif, optimal dan terpadu guna menjamin produksi ikan yang optimum dan berkelanjutan," katanya.

Ia menghimbau agar penebaran ini dapat digunakan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab agar fungsi dan peran perairan sebagai ekosistem dapat seimbang serta mampu meningkatkan hasil tangkapan ikan, pendapatan masyarakat dan pembudidaya perikanan.

"Kita mengajak warga dapat ikut mendukung program pengelolaan sumberdaya perikanan," lanjutnya

Menurutnya dalam menjaga ekosistem perairan umum melalui kegiatan restoking, ketersediaan ikan di perairan umum dan bisa memberikan nilai tambah jika dimaksimalkan dengan baik.

"Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Banyumas disekitar perairan umum untuk ikut menjaga benih ikan yang ditebar dan dibiarkan tumbuh besar dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Serta dalam pengambilan harus dengan cara yang wajar dan ramah lingkungan," pungkasnya. (*)

Pewarta : Sutrisno
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.