Berita

RSL Kogabwilhan II Sembuhkan Ribuan Pasien Positif Covid-19 dengan Angka Kematian Nol

Senin, 26 Oktober 2020 - 22:25
RSL Kogabwilhan II Sembuhkan Ribuan Pasien Positif Covid-19 dengan Angka Kematian Nol RSL Kogabwilhan II saat menerima kunjungan Satgas Covid-19 BNPB, Senin (26/10/2020). (FOTO: RSL Kogabwilhan II for TIMIES Indonesia)

TIMES JATENG, SURABAYA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi apresiasi  Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II (RSL Kogabwilhan II) dalam menyembuhkan kurang lebih 3.000 pasien positif Covid-19.

Apresiasi tersebut disampaikan Liaison Officer (LO) Satgas Covid-19 BNPB, Laksma.TNI (Purn) Didin Zainal Abidin, saat mengunjungi RSL Kogabwilhan II, Senin (26/10/2020).

"Ini kita apresiasi, langkah apa saja yang telah dilaksanakan di RSL dan masukan apa yang natinya akan disampaikan kepada Bapak Doni Monardo (Kepala BNPB) selaku Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19," katanya.

Sementara itu, Penanggung Jawab RSL Kogabwilhan II, dr Nalendra mengatakan, ada lima hal yang menjadi kunci keberhasilan dalam menangani Covid-19 dengan tingkat kematian 0 (nol) yakni sebagai berikut:

1. Membuat semua pasien Covid-19 bisa hidup nyaman dengan memberikan pelayanan dalam bentuk nutrisi, istirahat cukup, fasilitas relaksasi dan edukasi yang baik sehingga pasien bisa memahami penyakit ini dengan baik untuk menghindari stres. 

RSL-Kogabwilhan-II-2.jpg

2. Adanya tim relawan sosial yang membantu diaspek kebutuhan non medis misalnya memastikan keluarga aman, tercukupi kebutuhan makanan, membantu menyelesaikan masalah dengan lingkungan rumah maupun perusahaan tempat bekerja sehingga pasien betul-betul nyaman untuk beristirahat di RS. 

3. Team work yang baik sehingga semua personel bekerja dengan profesionel sesuai tupoksi. 

4. Pengobatan rasional, hanya obat-obat diperlukan saja yang akan diberikan, yakni sesuai indikasi yang ada pada masing-masing pasien. 

5. Monitoring yang baik sehingga semua pasien selama 24 jam bisa melaporkan kondisinya kepada Tim Medis. Termasuk rutin melakukan laporan pagi (morning report) yang diikuti dan dijalankan oleh semua stakeholder RSL (dokter, perawat, analis, apoteker, IT, relawan pendamping, CS, ahli gizi, BPBD) untuk me monitor kondisi pasien setiap hari. 

"Lima langkah tersebut merupakan kunci keberhasilan RSL Kogabwilhan II memberikan kontribusi kesembuhan pasien positif Covid-19, yang dibangun oleh teamwork solid seluruh stakeholder RSL, sebagai sebuah bentuk tanggungjawab moral bagi semua relawan kemanusiaan untuk mendapatkan outcome berupa kesembuhan pasien, dan teratasinya berbagai masalah yang timbul akibat Covid-19 ini," jelasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.