Berita

Bidan Politeknik Banjarnegara Punya Daya Saing di Era Pandemi

Jumat, 30 Juli 2021 - 23:25
Bidan Politeknik Banjarnegara Punya Daya Saing di Era Pandemi Dian Nirmala Sari SSiT MTr.Keb, Ketua Program Studi D-3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara (FOTO : Polibara for TIMES Indonesia)

TIMES JATENG, BANJARNEGARAPoliteknik Banjarnegara adalah kampus vokasi kebanggaan Jawa Tengah milik Pemkab Banjarnegara. Politeknik ini  mempunyai program studi D-3 Kebidanan berdaya saing tinggi bagi para lulusannya.

Sejak berdiri tahun 2008, D-3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara telah mengalami beberapa kali akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-Ptkes) dan di tahun 2020 meraih predikat Baik Sekali dalam Akreditasi oleh LAM-PTKes.

Dian Nirmala Sari SSiT MTr.Keb, Ketua Program Studi D-3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara,  mengatakan bahwa Prodi yang diampu mempunyai visi menjadi Program Studi Kebidanan unggulan di Indonesia pada tahun 2025.

Untuk menghasilkan lulusan Kebidanan yang kompeten, andal dan produktif dalam bidang kebidanan komunitas dengan tiga tujuan strategis yaitu menyiapkan tenaga ahli madya kebidanan utamanya agar mempunyai kompetensi dalam bidang kebidanan untuk diaplikasikan dalam lapangan pekerjaannya.

Dr Tuswadi

Dapat bersaing dalam mengisi peluang kerja serta mampu berwirausaha, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa kebidanan.

“Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, handal dan produktif, implementasi kurikulum di D-3 Kebidanan terdiri dari kuliah 40 persen dan praktik 60 persen, praktik kerja lapang/klinik, Field trip, tugas akhir bagi mahasiswa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, seminar serta pelatihan/magang bagi dosen, pelatihan/magang untuk teknisi,” jelas Dian.

Untuk memfasilitasi para mahasiswa, sejumlah instansi strategis bagi pengembangan karakter dan keterampilan telah digandeng, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Banjarnegara sebagai basis praktik kerja lapang maupun field trip, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten, Rumah Sakit Negeri maupun Swasta, Klinik-Klinik, dan sebagainya.

Selain mengandalkan dosen dari intern yang berlatar belakang S-2/Master, D-3 Kebidanan juga memiliki dosen tidak tetap dan dosen tamu dari kalangan praktisi sehingga keilmuwan para mahasiswa lebih kontekstual.

Menurut Dian yang pernah didapuk Best Oral Presenter pada International Seminar di Mahidol University Thailand 2017, setiap tahun akademik, D-3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara menampung mahasiswa baru sedikitnya 30 orang per kelas sehingga setiap diri mahasiswa bisa terlayani baik secara akademis maupun keterampilan.

Didukung  dengan sarana prasarana dan fasilitas perkuliahahan yang lengkap dan canggih. Laboratorium Kebidanan yang jumlahnya lebih dari 12 jenis di Politeknik Banjarnegara sampai hari ini terkenal paling lengkap di Jawa Tengah.

Program Praktik Kerja Lapangan One Student One Client yang menjadi ciri khas D-3 Politeknik Banjarnegara juga terbukti membantu program pemerintah dalam menurunkan tingkat kematian Ibu Hamil dan Bayi di kabupaten Banjarnegara.

Lulusan SMA/MA/SMK/Kejar Paket C berjenis kelamin putri dari semua jurusan dipersilakan kuliah di D-3 Kebidanan dengan sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tes tertulis bagi yang nilai rata-rata raportnya di bawah 7.5 dan jalur tanpa tes/PMDK bagi lulusan SLTA yang nilai rata-rata raportnya 7.5 ke atas.

"Sementara, terkait tinggi badan, D-3 Kebidanan mengikuti aturan nasional bahwa calon bidan sebijaknya bertinggi badan minimal 150cm,” ujar Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara seusai Webinar Kebidanan 2021 hari ini (30/7/2021) di Kampus Politeknik.

Pendaftaran mahasiswa baru di Politeknik Banjarnegara untuk tahun akademik 2021/2022 dibuka setiap hari sampai Agustus 2021 baik secara on-line melalui www.polibara.ac.id atau secara langsung datang ke kampus Politeknik Banjarnegara dengan kontak person melalui 0881-7685-658 (Rusfita Retna SST MKeb).

Perkuliahan tahun akademik 2021/2022 akan dimulai pada September 2021. Tersedia sejumlah beasiswa bagi mahasiswa baru seperti beasiswa Polibara, Beasiswa Yatim Piatu, dan KIP Kuliah, di samping pengurangan dana SPP sesuai ketentuan.

Lulusan D-3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara setiap tahunnya cepat terserap ke dunia lapangan kerja baik sebagai Pegawai Negeri atau Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai tetap/tidak tetap di Rumah Sakit dan Klinik-Klinik, maupun Puskesmas-Puskesmas sebagai Bidan profesional. (*)

Pewarta : Muchlas Hamidi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.