Berita

Kementerian PUPR RI Siapkan Penanaman Pohon di Area Sabuk Hijau di Bendungan

Senin, 26 Oktober 2020 - 23:15
Kementerian PUPR RI Siapkan Penanaman Pohon di Area Sabuk Hijau di Bendungan Ilustrasi area sabuk hijau di sekitar bendungan (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JATENG, SUMEDANG – Sumedang - Selain berfungsi sebagai irigasi, air baku, pengendalian banjir dan pembangkit listrik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (Kementerian PUPR RI) akan memanfaatkan area sabuk hijau (greenbelt) bendungan untuk ditanami berbagai jenis pohon bernilai ekonomis. Salah satunya adalah Bendungan Jatigede dan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

"Kegiatan penanaman pohon di area sabuk hijau bendungan merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya konservasi sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan, yang dilakukan tanpa mengganggu fungsi utama bendungan sebagai tampungan air," kata Menteri Basuki. 

area sabuk hijau 2

Staf Ahli Menteri PUPR RI (SAMPU) Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman mengatakan Menteri Basuki menginstruksikan agar dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur, baik jalan tol maupun bendungan, selalu  berlandaskan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Untuk itu, setiap bendungan harus ditata dan memiliki kawasan sabuk hijau  yang memadai melalui penanaman pohon yang disesuaikan dengan struktur tanah dan memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat," katanya saat meninjau Bendungan Jatigede dan Cipanas di Kabupaten Sumedang," Senin (26/10/2020). 

area sabuk hijau 3

Menurut Sudirman, pelaksanaan penanaman pohon ini akan melibatkan Ikatan Purnabhakti Kementerian Pekerjaan Umum (IPPU) dan kelompok masyarakat setempat. Penanaman pohon tersebut akan dilakukan secara serentak di bendungan- bendungan di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Bhakti PU ke -75 pada tanggal 3 Desember 2020 mendatang. 

"Selain itu, para Kepala Balai dan Kepala Satker harus memetakan  mana saja area yang akan ditanami pohon," tambahnya. 

Adapun lahan sabuk hijau di kawasan Bendungan Jatigede merupakan lahan bekas quarry pembangunan di Gunung Julang Kecamatan Cisitu seluas 50 hektar. 

area sabuk hijau 4

Selanjutnya lahan pasang surut 1000 hektar di area genangan Bendungan Jatigede,  lahan hilir bendungan seluas 40 hektar, lahan tukar menukar kawasan hutan seluas 700 ha di Kecamatan Wado dan Conggeang. 

Bendungan Jatigede merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia setelah Bendungan  Jatiluhur dengan kapasitas tampungan sebesar 979,5 juta meter kubik (m3), sudah beroperasi penuh dan manfaatnya telah banyak dirasakan para petani. Areal persawahan yang mendapatkan jaminan pasokan air sudah mencapai potensi optimal untuk mengairi 90.000 hektar lahan sawah yang berada di Indramayu, Majalengka serta Cirebon.

Selain untuk keperluan irigasi, Bendungan Jatigede juga untuk kebutuhan air baku sebesar 3.500 liter per detik. Selain itu memiliki manfaat  sebagai pengendali banjir di  Kabupaten Indramayu dan Cirebon seluas 14.000 hektar, yakni dengan mengendalikan aliran Sungai Cimanuk, dan menjadi penghasil Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 110 megawatt (MW). 

area sabuk hijau 5

Sedangkan Bendungan Cipanas yang berada di Desa Cijeungjing Kabupaten Sumedang tengah dibangun dengan progres fisik mencapai 63 % dan memiliki manfaat sebagai daerah irigasi seluas 9.423 hektar di dua wilayah Kabupaten, yakni Indramayu dan Sumedang. Bendungan Cipanas juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 850 liter per detik dan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro sebesar 3 MW. 

Selain itu Bendungan Cipanas  menjadi pengendali banjir di Indramayu karena mampu memotong debit banjir 1.220 m3/detik menjadi 745 m3/detik, serta memiliki potensi untuk wisata. Di area sabuk hijau Bendungan Cipanas, Kementerian PUPR RI  rencananya akan menanami dengan mangga gedong gincu. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jateng just now

Welcome to TIMES Jateng

TIMES Jateng is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.